Jumat, 16 Maret 2012

Tik..Tok..




Selasa, 13 Maret 2012

Selamat hari Selasa! Karena hujan, gue berangkat naik angkot. Gue naek angkot dari jam 6.30, sampe di sekolah 7.45. Bayangkan, saudara-saudara! 75 menit gue di angkot! Mana ada 3 anak jalanan dengan sandang serba hitam yang menurut gue menyebalkan. Dia duduk di samping gue, tatkala gue mau gandol tas di punggung, dia ga mau geser. Kan tas gue ga bisa nyelip. Jadi masuknya cuma ke bahu kanan gue doang. Gue jadi rada malu kan, ga lama gue balikin tas punggung gue ke pangkuan. Beberapa tipe anak jalanan emang bermental seadanya. Buat penggemar ftv dan sinetron lebay mungkin ga setuju dengan pendapat gue, tapi kenyataan bahwa ‘orang miskin’ memang begitu. Gue ga bilang kalo pilem yang ada itu total salah, yang gue ga suka adalah cerita yang gue tau beredar itu sangat tidak masuk akal. Gue sudah berpikir dari dulu, yang rupanya sependapat dengan guru sosiologi gue. Bahwa ga ada orang atau sesuatu yang sepenuhnya salah atau sepenuhnya bener. Ga ada orang sejahat tokoh antagonis di sinetron itu, atau sebaik tokoh protagonist atau tokoh utama. Dan sebagian besar, atau semua sinetron yang pernah gue tau selalu menempatkan orang baik sebagai tokoh utama. Kenapa ga coba dari sudut pandang lain? Apalagi tentang orang kaya yang jahat dan orang miskin yang baik. Perlu diketahui ga semua orang kaya jahat dan semua orang miskin baik. Tapi karena kebanyakan tayangan menyajikan sedemikian rupa, lama-lama mereka jadi memandang orang miskin selalu orang baik dan orang kaya selalu orang jahat. Ditambah pejabat-pejabat yang notabene orang kaya banyak yang bercitra buruk. Ah, udah deh. Gue mau bahas tentang siang ini, bukan tentang dunia hiburan Indonesia.

Karena nungguin satu anggota kelompok angkot, kami nunggu dengan beli crepes. Kami di ajak orang yang kami tunggu itu ke dalem sekolah, jadi masuklah kita. Sebentar dateng ke lokasi, kami memutuskan untuk tunggu di depan ruang tata usaha, di situ kan ada bangku. Gue sendiri antara yakin dan kaga, ngeliat ada temen Re- dan Re-. Semakin deket, itu memang Re-. Dia lagi ngebisik sama temennya itu sambil ngeliatin entah apa di daerah tempat tadi kami mampir. Gue bahkan lewat di sampingnya. Sayang sekali ada Yul, gue jadi ga bebas. Gue gatau apa gue harus seneng ato gimana, karena Re- ngomongin seseorang (/sesuatu) yang bukan gue. Oke, lanjut.

Kita pun duduk di depan TU. Sepanjang jalan, Yul uda ngeledekin gue. Ya gue pura-pura ga tau. Hehehe. Gue duduk di kiri dan Yul di kanan gue. Jadi gue ga bisa tanpa angin nengok ke kiri. Terlalu ketauan. Gue liat sosok anak laki-laki duduk di meja guru piket dengan ransel ijo apalah itu. Sosok itu kemudian gue yakini sebagai Re-. Sebelumnya gue ga tau kan. Kecurigaan mulai banyak ketika terdengar suara merdu dari sisi kiri gue. Gue bisa bilang suara yang keren banget. Jauh dari status ga fals. Kalo gue kan rada-rada fals, dia kaga. Suaranya tegas, sedikit serak dan terdapat fibra.  Dia duduk dengan teman-temannya, salah seorangnya gue kenali sebagai figure cewek yang sempurnya. Tinggi (banget), kurus (sedikit terlalu kurus), dengan bagian tubuh yang kecil semua (maksud gue terutama betis dan lengan), cantik, populer, pintar. Tajir engga nya gue ga tau pasti, tapi dia itu keturunan ningrat, bahkan sepenggal namanya sama dengan milik R.A. Kartini. Re- temennya serem yah. Gue uda pengen banget duduk di kanan Yul, biar bisa curi-curi pandang. Tapi apa daya, gue takut Yul sadar. ARGH! 

Pas balik, dia uda ga ada. Apa gue lewatin ya? Gue lupa. Yang pasti, pas gue sampe ke tempat temen yang gue tungguin ini segila apapun gue nyuri pandang tetep ga ada.
Gue mau nanya ke temen gue ampe lupa. Kalo di twitter ada yang ulang tahun di kasih tau, ya? Kalo engga gue bakal cemburu abis ama temen SD gue yang di kelas bawah. Gue ga deket ama dia dari dulu, dan sekarang dia masuk anak populer. Kemaren dia ulang tahun di ucapin ama Re-! Kalo emang ketauan, ketauannya kalo dia follow gue apa dengan gue follow dia juga uda ketauan? Kalo dengan gue follow dia uda tau kapan gue ulang tahun, gue bakal follow dia 2 hari sebelum gue ultah. Siapa tau dia lagi bengong jadi ngucapin selamat. Gue bisa kegirangan. Tapi gue sadar itu ga mungkin. Pasti ketauan tanggal ulang tahun kalo uda saling follow, kalo ga banyak artis kepusingan liat daftar ultah followers nya. Kedua, kalaupun dia follow back gue (ini termasuk ga mungkin) dia belum tentu ngucapin gue selamat ulang tahun. Banyak faktor kan yang mempengaruhi, mungkin dia lagi ga buka twitter, pulsa blackberry-nya abis, ga langganan full service, dan yang paling menyedihkan dia ga merasa kenal ama gue, ato paling ga ga cukup deket untuk ngucapin selamat ulang tahun. Harusnya dia ga lupa dengan nama gue yang pernah lewat kerongkongannya. Gue tau nama gue cukup pasaran, tapi di depan gerbang komplek sekolah, bersama temannya yang ketua MPK kala itu, gue yang jauh di seberangnya.. Uda deh. Dah.

Rabu, 14 Maret 2012

Besok ada tugas nulis 5-7 paragraf dan gue belon buat apapun. Tugasnya harus selesai sebelum malem, karena mau di print di warnet. Ini uda jam 4 dan gue malah update buku harian elektronik. E-diary. Daaa doakan saya ya!

Kamis, 15 Maret 2012

Ga kerasa, udah di tengah-tengah Maret. Senin depan gue libur seminggu + sehari, total 10 hari kehilangan peluang buat ngeliat Re-. Re- lagi Re- lagi. Ngomong-ngomong, tadi gue liat Re- lho!

Jadi, pas pulang sekolah tuh kan uda sore, ampir jam 4. Gue ikut pelajaran tambahan cui. Bibir gue lagi kering banget, jadi gue minum terus. Minum gue akhirnya abis dan gue masih haus mengenaskan. Gue memutuskan untuk beli aja sebotol lagi aer mineral, kalo ga bisa makin parah bibir gue kekuranan H2O. Masuk ke mini market itu, gue bingung juga kenapa gue sendirian. Petugas si rame, tapi mana temen gue. Gue comot dah tu botol aer dan langsung bayar. Ga lama temen-temen gue pada masuk dan langsung nyosor ke dalem. Gue yang tidak berbekal struk dari mbaknya takut masuk terlalu dalem trus keluar dikira belon bayar. Kan bisa berabe. Jadi gue nunggu ga jauh dari kasir. Sebagai pengantar, gue kasih tau aja, dari pulang sekolah rasanya mata gue gatel banget pengen digaruk. Lalu, semakin lama gue semakin gimana gitu, soalnya dari tadi banyak berkeliaran anak kelas 12. Gue terkecoh dengan beberapa detik jantung gue ngetrek. Gue stress sendiri deh. Pertama-tama yang keliatan cuma anak IPS. Sekali gue dikagetin ama anak IPA kelas 11 yang postur tubuhnya pendek-pendek kaya Re-, bahkan pake kacamata. Lama-lama 12 IPA nya keliatan juga. Iseng mata gue keliaran nimbus kaca mini market yang seinget gue ga keliatan dari luar. Burem gitu kan. Gue bengong. Mata gue nangkep sosok Re-, dan gue merasa sangat beruntung. Awalnya gue rada ga enak karena nunggu sendirian deket kasir ga jelas juntrungannya, trus ke enakkan sendiri. Baru kesenengan, Yul dateng menghampiri gue. Gue pun melakukan antisipasi dengan tidak menengok ke satu arah secara berlama-lama. Yul dateng minta temenin beli jus buah. Gue menyanggupi lalu keluar mini market bersamanya. Jeng jeng! Re- uda ga ada! Tadi Re- lagi ngobrol sama temennya yang duduk di atas motor. Baru gue tinggal beberapa detik Re- ternyata uda melesat jauh ke depan. Lagi jalan, Yul menyadari Re- yang ada di depan ngeledek gue. “Mau belok apa lurus?” Masalahnya, tukang jus ada di ruko dan harus belok, sementara Re- lurus di depan. Gue sekali lagi pura-pura bego.

Dia keluar ampir jam 4. Bimbingan belajar. Mulai sekarang gue akan lebih rajin peltam, dan memperlambat keluarnya selama mungkin. Sampe sekarang gue ga tau tujuan universitasnya. Yang bikin gue bertanya adalah Re- yang keluar dengan jalan kaki. Resenya, temen-temen gue pada beli jus dan itu makan waktu. Re- uda keburu terbang ke Afrika. Kalo aja mereka ga beli, biar deh diberisikin Yul, asal gue tau transportasi yang dia gunain. Yang gue tau dia orang yang cukup berada, ga mungkin naek angkot. Tapi jalan kaki ampe keluar ngapain? ARGH!

Gue menemukan beberapa kenyataan, seorang cewe yang pacaran dengan adik kelasnya. Kelas 12 mantan mentor gue pacaran ama anak kelas 11. Anak kelas sebelah malah sama anak SMP. Gue ga tau urusannya setelah gede nanti, tapi selama masih jadi pelajar, gue seumur-umur ga pernah tertarik sedikit juga ama adek kelas. Seganteng-gantengnya, paling gue anggep mereka lucu. Ato cakep, itu terserah. Gue ga selalu suka ama orang yang ganteng atau imut atau apapun itu. Gue mengamati diri gue sendiri dengan artis. Beberapa idola yang gue dengan suka hati mengaku mereka ganteng dan cantik, tapi gue ga suka. Entah dari mananya. Tapi yang gue suka biasanya yang cakep sih ahahaha.

Balik ke soal adek kelas tadi. Gue juga memperhatikan, kenapa kakak kelas tampak jauh lebih keren dari pada temen seangkatan apalagi adek kelas. Gue menemukan jawabannya setelah merenung terhadap diri gue sendiri. Apalagi perasaan gue terhadap Re-. Lebih kepada pemujaan. Figur yang dewasa dan dengan sangat ingin gue menghargai dan menghormati lebih dari yang lain. Pemimpin upacara dengan berbadan tegap meski tubuhnya kecil. Berisi dan pintar. Dalam pribahasa, ia adalah tong isi berbunyi nyaring. Beberapa penyelidikan mengindikasikan ia orang yang berani di kelas menjawab guru dengan otaknya. Lepas dari segalanya, seperti yang gue bilang di atas, mungkin dia ga masuk kategori ‘sangat ganteng’. Tapi setiap dari sudut pandang gue ada dia, rasanya lebih berat di sana. Memberi makan otak gue dengan punggungnya. Gue sangat tertarik dengan Re-. Dia lebih tepat disebut tipe gue.

Gue baca lagi cerita di atas-atas. Tentang delivery service valentine. Nyesel lagi, kenapa gue ga nekat nyampein coklat ke Re-. Bukan tanda cinta, tanda bahwa Re- punya secret admirer. Sesuatu yang bisa dibanggain, atau paling ga buat temen-temennya nengok sekali lagi ke Re-, meyakinkan coklat itu nyata. Buat nyelesain angan, gue akan nulis pesan apa ya? Be happy? Congratulation? Thank you? Call me? Setelah menulis call me di ujung bawah dengan sangat kecil ku tulis again? Itu sama aja ngejelasin siapa gue.

Gue punya firasat kalo temen Re- ada yang merasa. Firasat doang sih, kayanya temen deketnya ini merasa kalo gue suka sama dia. Gue bisa ngerti kalo emang dia berpikir begitu. Masalahnya waktu itu jelas banget. Gue lagi olah raga dan dia terlambat, jadi di suruh ngelapin trails. Gue dan Oni ngeliat dia lalu cekikikan ngumpet-ngumpet. Gue yakin dia liat kita cekikikan. Kita cekikikan karena kemarennya di perpus itu gue becanda dengan Oni kalo gue akan tarik kauskaki yang duduk di balik sana dan melemparnya ke mana-mana. Gataunya setelah berdiri ternyata dia. Temennya Re-, si fotografer. Bahkan setelah itu, ga keitung( ga diitung) berapa kali gue ketemu, atau yang bisa dibilang berpapasan karena dia juga liat gue. Biasanya, saat ngliat dia, semangat gue sedikit muncul, karena dia cukup deket sama Re-. Siapa tau Re- lagi sama dia. Nah, rasanya sih dia salah paham dengan gue. Sori banget kak, yang gue suka temen lu, si Re-. Hehehe.

Setelah ngetik yang ‘hehehe’ gue memutuskan untuk menyambungkan koneksi internet dan liat-liat gambar. Sampe sekarang, gue kembali ngebuka file ini buat nulis sesuatu. Gue ngeliat-liat foto masa lalu Re-. Dari perasaan bingung, senang, gemes dan lain-lain ada. Semuanya bikin gue melayang. Apa lagi ngeliat foto Re- waktu SMP. Sangat imut. Gue ga yakin gue ga suka sama dia meski dia seangkatan gue. Sampai foto ini kebuka.. 1 foto yang membuat gue buka file ini dan menulis lagi, foto skandal Re-. Foto yang kuyakini dirinya membaca komik dalam posisi tiduran di atas tempat tidur berdampingan lengket dengan seorang teman wanitanya. Kenapa kuanggap itu Re-, karena komentarnya sangat menjelaskan. Posisinya sangat nempel, rasanya sangat panas. Kakiku dingin terkena penyejuk ruangan, dan gue ga tau mau nulis apa. Itu nempel banget, bahkan kaki Re- nyelip di bagian bawah kaki cewe itu.

Jumat, 16 Maret 2012

Libur panjang dimulai. Selasa 26 Maret baru masuk. Setelah 2 minggu masuk, akan libur seminggu lagi. Ujian Nasional. Segitu dikitnya sisa waktu. Semakin hari gue makin abis.

Gue ceritain baiknya aja deh. Pagi mata gue rada gatel lagi. Jadi kepikiran Re-. Pas lagi jalan masuk komplek sekolah, gue ngira satu anak yang jalan itu Re-. Ternyata bukan, keliatan sih dari tasnya. Sampe di sekolah, gue jalan lamat-lamat keliatan kalau di ujung sana ada Re-. Gue sorak dalem hati. Eh ternyata ada temen gue yang datengnya barengan. Pas lagi di pintu masuk SMA, yang keliatan temen-temen Re- dari kelas 10, gue liat dari foto di fb nya. Re- sendiri? Dia malah nungging gatau ngeliat apaan. Gue ga merasa di tangan anak itu ada sesuatu, tapi Re- tampak ngeliatin gitu. Uda sampe segitu doang. Mau naek tangga, gue sempetin sedikit nengok ke belakang, walaupun ga dapet gambar lagi, itu jadi awal hari yang baik buat gue.

Karena sekolah ngadain workshop gitu hari Senin, gue ikut aja. Menurut gue emang menarik sih. Tentang script writer. Gue suka dengan sesuatu yang berbau tulisan dan sastra. Bukan sastra yang berat, karena gue juga ga ngerti-ngerti amat. Kaya gini, gue sambil berlatih menulis. Yang gue ragukan, dengan menggunakan bahasa lisan gini. Rasanya jadi kurang sastra. Lagipula libur seminggu lebih, gue dengernya aja uda bosen. Gue pengen libur karena capek dan males bangun pagi. Acara workshopnya mulai jam setengah sembilan, jadi gue bisa nyantai dikit. Kalo gue ga ke sekolah pasti ke kantor nyokap dan bengong. Ga banyak yang bisa gue bantu, malah lebih nge-gerecokin. Dan so pasti, gratis. Yang ga enak dalam liburan panjang, banyak tugas. Gue belum mulai apapun tuh tugas yang uda numpuk minta gue buang. Dan yang sangat gue harapkan adalah pemandangan. Re- kan UAS. Siapa tahu ketemu. Waktu gue ga banyak lagi. Gue bilang ke Oni, yang akan gue sampaikan juga di sini. Waktu yang tersisa udah ga banyak.

Tiba-tiba gue ngebayangin. Kan sekolah tiap 2 tahun sekali ngadain acara musical gitu. Re- yang berjiwa Nasionalis pasti juga sayang dengan SMAnya. Meski dia uda lulus, dia akan hadir dalam acara itu, gue harap. Buat jadi pemain di drama itu emang ga mungkin. Gue sangat demam panggung dan jelek dalam berekspresi. Mimpi apa gue, kalo gue jadi penonton dan Re- secara kebetulan di samping gue. Drama musical yang berlangsung 2 minggu pun serasa 5 menit. Belum puas. Re- seperti air laut yang ga akan pernah melepas dahaga gue. Yang ada gue makin haus dan haus. 

Gue ngintipin tweet Re-, awalnya gue rada berbunga-bunga karena dia bilang 'there's something in the way you look at me'. Perasaan GR gue tumbuh liar emang. Eh makin ke bawah isinya 'please don't go' lah yang ga mungkin gue. Mateng deh gue. Mana ada yang pake aku kamu lagi. Panas lagi nih gue!