Jumat, 09 Maret 2012

Sangat Bete.


Selasa, 6 Maret 2012

 Wow, uda Maret! (telat)

Tadi Oni telat untuk yang ketiga kalinya. Jadi di skors, ga boleh ikut pelajaran ampe pulang sekolah. Setelah olahraga cukup berat tadi, seorang anak muntah di kelas. Akibatnya, kami jadi tertunda masuk kelas. Selama di luar, aku menunggu kelas 12 untuk OR. Lewat 10 menit, lapangan tetap kosong. Alasan bahwa kelas 12 uda ga ada OR jadi yang pertama terlintas. Oni, yang duduk di depan ruang guru menyangkal alasanku. Kelas 12 OR seperti biasa. Dan yang membuatku gila adalah Re- yang datang ke lantai 3. Ia menuturkan bahwa Re- ke ruang guru dan ‘marah-marah’ soal jaket sekolah. Maksudnya bukan marah, mungkin ketegasan Re- menjadikannya tampak seperti marah. *Berbunga-bunga. Gue jadi mengatakan hal yang memalukan di depan Oni. Seandainya Re- terlambat seperti itu, gue bakal rela nunggu depan kantin sampe bel trus ngaku2 telat. Gue ga bisa bayangin. 9x45 menit dia ada di samping gue. ARGH! Belom lagi dia model orang ga bisa diem. Mimpi yang lebih jauh lagi gue bisa di ajak ngomong ama dia. Ngobrol si kagak. Gue orangnya kaku abis. Mungkin itu salah satu faktor besar yang menyebabkan gue sukar bergaul. Lha, nyari temen aja susah. Eh, gue jadi gila nih. Sekilas gue mikir kalo emang bener Re- bakalan telat gue bakal rela pura-pura telat. Ortu gue mana percaya? Gue dateng sebelum bel gitu. Lagian yang di skors sampe pulang itu kan kalo udah telat 3x. Kalo gue baru sekali, jam kedua udah di suruh masuk. Ga asik banget. Kalo Cuma sejam mah mana dapet peluang diajak ngobrol. Satu jam bersih-bersih gitu. Lebih ngayal kalo gue mimpi ketika pertama kali gue telat, dia juga pertama kali. Pas gue telat kedua, dia juga telat. Dan yang ketiga, kita sama-sama lagi. Peluang diajak ngomong lebih gede. Pasti dia juga menyuarakan kekompakan kami yang telat bareng. Yang tragis, kalo udah tiga kali telat bareng tapi teuteup aja Re- ga ngajak ngomong gue. Siapa tau dia ketakutan ngeliat muka sangar gue. Tapi sekali lagi gue tekankan, Re- bukan orang yang suka diem. Dari yang kelihatan dan gue lihat, dia bawel. Aduhhh.

Gue lagi iseng baca tulisan yang di atas-atas. Tulisannya tentang Use yang sempet mampir ke otak gue. Namanya juga mampir, dia ga lama. Gue sendiri bingung kenapa gue bisa sampe begitu. Gue cuma berpikir tentang kedepannya. Semua kaum adam yang gue sukain dan udah berlalu, gue sampe ga abis pikir kenapa itu bisa terjadi. Setelah Re- lulus, gue gay akin gue bisa bertahan. Apalagi gue denger 2 minggu lagi UAS. Gue nyesek kayanya. Suka sama kakak kelas yang 2 tahun di atas kita itu ga enak. Seandainya Re- masih kelas 2, gue bisa ngeliat dia lebih lama kan? Rasanya perasaan itu mati terbunuh saat masa mudanya, kalo dia kelas 2 dan gue keburu bosen, kan jadinya mati dimakan usia. Mati terbunuh itu ga rela. Kalo usia ga akan ada perasaan putus asa. Seakan-akan kalo dia keburu pergi tuh gue kalah sebelum perang. Meski jika dia kelas 2 dan akhirnya lulus gue tetep kalah. Tau deh gimana nulisnya.

Oh iya. Semakin gue sering nulis, gue semakin suka. Tapi kemaren gue liat laporan nilai. Dari 4 nilai, 3 diantaranya praktek, dan 2 dari nilai praktek itu merah. Kan gue jadi bingung. Penulis mana yang nilai Bahasa Indonesianya merah?

Gue harus mengakui satu hal. Hari ini gue uda banyak bertingkah bodoh. Ulangan mandarin, gue ga bisa coi. Gue ngeremehin banget. Mungkin kalo dikasih tulisan mandarin trus disuruh sebut apa itu gue bisa jawab. Ini kan disuruh nulis mandarinnya. Tewas lah gue. Dari soal yang cuma seuprit, gue cek di cetak gue udah salah nulis sekitar 13 karakter. Trus ada presentasi Biologi. Dikasih 3 pertanyaan. Pertanyaan pertama gue jawab dengan cemerlang. Pertanyaan kedua gue jawab ngasal dan itu sangat di cela guru gue (gue bilang diferensiasi pembentukan organ yang asli kacau) guru gue ampe bilang kalo ga tau bilang aja ga tau, ga usah asal jawab, nanti juga dia bahas( maksudnya gue jangan sotoy gitu). Yang ketiga, reproduksi aseksual, gue uda pengen jawab dengan tunas, tapi gue takut beda dan malah salah jawab. Pada akhirnya, tunas emang jawabannya. Dan diferensiasi pembentukan organ itu ga ada. Gue (merasa) dipuji sekali doang, lalu di hina 2 kali. Dan yang satu hinaan ini nancep, mungkin penyesalan gue yang besar. Rasanya pengen gue puter dikit yah waktu, gue bilang aja ga tau dengan muka paling innocent yang gue punya. Lalu terlintas di kepala gue, tentang quote yang bilang kalo kita ga bisa mengubah masa lalu. Tapi gimana ya, image gue udah terlanjur jelek, setidaknya menurut gue. Seorang sotoy yang.. ugh banget. Semakin mikir, gue jadi ngebayangin kalo seseorang bisa memutarbalikkan waktu, ia pasti orang yang perfect. Emang dasar otak novel, gue mikir itu jadi bahan paling ga cerita baru gue. Gimana nih, ide kemaren aja belum rampung total. Baru bayang-bayang. Hahahaha.

Rabu, 7 Maret 2012

Pagi ini gue kembali di lecehkan. Memang pelecehan itu tergantung dari mana kamu memandangnya. Tapi gue ga bisa nganggep itu sebagai becandaan. Pagi-pagi, gue bingung gara-gara tempat gue didudukin orang. Gue memandang ke segala sudut untuk mencari gerangan bangku kosong. Sampailah gue di sepasang bangku yang masih belum berpenghuni. Ga lama, penghuni yang kemaren menetap di situ datang dan mengklaim bahwa tempat duduk itu milik mereka. Gue ling-lung sendiri. Kedua anak itu emang ga canggung banget sama gue, kami lumayan sering ngobrol. Mereka ngusir gue sambil ketawa-ketawa, dan gue ga bukan mempermasalahkan mereka. Coi, seorang anak cewe kelas gue yang berbakat dalam hal public speaking tiba-tiba udah di samping kita dan mencoba menyelesaikan masalah kami dengan kepo. Sekali lagi, bukan kepo yang bikin gue eneg, tapi cara dia. Emang lagaknya rada belagu dan beberapa kali gue ga nyaman. Kali ini lebih parah. Gue yang berdiri, sambil pelan-pelan merapikan barang untuk pindah dan bingung mau duduk di mana, di tarik menjauh dari tempat gue berdiri saat itu. Dia dengerin apa yang penghuni asli ceritakan itu. “Ini tempat gue, dari kemaren gue di sini,” kata temen gue. Lalu si anak yang sedang berusaha menjadi hakim paling baik sedunia menarik lengan kemeja gue hingga gue tertarik beberapa langkah menjauh. Sepersekian detik kemudian gue liat Oni dateng dan melihat ke arah gue. Gue ceritain pokok masalahnya. Pada akhirnya gue kembali ke tempat duduk gue kemaren dan temen gue yang duduk di tempat gue sebelumnya meminta maaf karena duduk di sana. Dia segera minggat ke depan gue. Gue ga nyalahin dia, mungkin gue akan ngomong ke anak nyasar itu pelan-pelan, ga kaya si bendahara ini. Gue sendiri ga terlalu sadar saat kejadian, karena gue masih cengo menghadapi kenyataan bahwa gue tuna tempat duduk(kan kalo tuna wisma ga punya rumah, ini tuna tempat duduk).

Kekeselan gue meletup-letup seketika sekawan dari kelas sebelah menyerukan suara ketidaksukaan yang sama. Ema dan bendahara ini. Si bendahara panggil aja Ami deh. Biar mirip, Ema dan Ami. Kawan kelas sebelah ini menyatakan kebenciannya pada Ema dan Ami. Buat Ema sendiri gue ga terlalu, tapi Ami.. Cuma waktu yang bisa nyembuhin gue. Cerita tentang Ema ada, setelah ini.

Kamis, 8 Maret 2012

Hari ini ada Re-!

Istirahat kedua gue memutuskan untuk segera membayar SPP. Cuaca lagi mendung-mendungnya. Bahkan tadi pagi hujan, dan Ema serta Lee di skors seharian tidak ikut pelajaran. Sampai di bawah, Ema dan 2 anak yang kemarin sempat kucuri bangkunya itu juga ada di sana. Mereka sibuk merebut dompet dari tanganku. Ema pertama bertanya apa kami mau ke kantin. Ia menitipkan uang 10 ribu rupiah untuk membeli susu kotak rasa stroberi. Ia bilang ia takut tidak boleh keluar sekolah selama di skors. Oni nyeletuk, kemarin ia juga di skors tapi tidak apa-apa ke kantin. Karena jalanan langsung dari SMA ke kantin masih di tutup dan saat itu gerimis, alasan kedua Ema. Sekali lagi karena sibuk merebut kembali dompetku dari tangan teman itu aku tidak sempat menolak. Anak ini mencari-cari fotoku, alasannya. Menemukan kartu pelajar SMP ku ia kegirangan lalu tertawa. Segera kartu itu di ambil Ema lalu dipandangnya lekat-lekat. Ia mengangkat tinggi-tinggi (yang disambut tuduhan sok tinggi oleh kawan yang lain) kartu itu. Aku memang mengajak seorang kawan menemaniku membayar SPP. Dari kemarin, Ema selalu memandang fotoku lekat-lekat. Lagi-lagi temanku menuduhnya sok cantik. Ema memang seorang model majalah berbahasa Inggris. Ia tinggi dan kurus.

Sekian kisah menyebalkan. Nulisnya aja bikin gue kesel. Lanjut, balik dari kantin, pintu yang tembus itu uda di buka. Perlahan-lahan gue dan temen gue ini jalan. Di perempatan sana (alah) berdiri sekumpulan anak-anak kelas 3. Gue liat sekilas ada ketua OSIS, seorang fotografer, yang lalu gue tebak sekumpulan anak OSIS. Gue ga berani liat lebih banyak, seakan-akan gue kepo banget. Gue liat sekilas supaya keliatan gue Cuma melihat apa yang ada di depan gue. Gue ga celingak-celinguk, naek tangga gue belok aje. Meski gitu, gue denger bacotan Re-. Re- kan paling bacot. Sampe di atas, Oni nyamperin gue dan nanya, “liat ga?” Gue jawab kagak. Kayanya gue bisa kira-kira lokasi dia berdiri, tapi sekali lagi, gue ga berani celingukan. Mending gue cakep. Orang cakep kan di liatin orang jelek jadi najis. Lalu dengan galau gue nyamperin ke pinggir lorong kelas, dengan pemandangan lapangan basket dan lapangan rumput. Gue terhenyak, Oni juga, karena ternyata sekumpulan mereka itu lagi berbaris di lapangan rumput, kayanya mau foto. Meski uda di lokasi paling enak, yaitu dari atas, sekali lagi keliatan punggungnya doang. Sesekali doang keliatan mukanya. Eh, lagi enak-enak ngeliatin punggung Re-, seorang anak dari mereka yang bersuara cempreng teriak keras-keras, “Woi yang di lantai 2 masuk!” Gue segera beranjak. Takut dan kaget. Gue akhirnya masuk kelas. Si Oni ngajakin keluar lagi, tapi gue malu dan pura-pura ga mau. Trus Oni nawarin jasa untuk moto-in Re-. Akhirnya gue kasih HP gue biar dia foto. Eh, keluar dia udahan, ga ada lagi barisannya.

Pas pulang, gue dan kawanan gue ada pelajaran tambahan, jadi ga turun bareng Oni. Tiba-tiba Oni dengan senyum mengembang ngajak gue turun. Gue sempet curiga tapi gue liat ga ada Re-. Dia bisikin gue,” Udah turun,” trus gue semangat buat turun. Dadah-dadahan sama anak-anak tapi responnya ga enak. Akhirnya gue gajadi ikut turun, dan dikatain temen gue banyak gaya. Gue nangkep respon negatif. Apa gue terlalu berlebihan?

Jumat, 9 Maret 2012

Gue sedikit ga suka sama guru speaking inggris gue. Awalnya gue memandang dia sebagai guru yang paling oke. Lama-lama gue ga suka. Kalo nilai jelek sih emang salah gue ga serius nyiapin presentasi, tapi dia bahkan ngambil outline gue, dan nyuruh gue ngulang tulisan untuk yang ketiga kalinya.

Siangnya, gue ngerjain tugas kelompok di rumah temen sekelas gue yang lokasinya di seberang komplek sekolah. Kebetulan kawanan angkot nungguin yang lain rapat pramuka, gue ada kesempatan untuk ga pulang sendiri. Pada akhirnya gue pulang sendiri naek angkot. Abis ujan lagi. Mending sih, kalo ada gerimis aja, gue makin galau. Pulang-pulang, yang ada gue bad mood. Gue nulis catetan dari tanggal 7 Maret karena kemaren ga sempet. Hari ini gue tulis semuanya. Padahal baru kemaren gue ngeliat Re-, kok kayanya udah lama banget ya? Rasanya itu kejadian minggu lalu. Tadi gue denger UAN SMA bulan April. Secepet itu? Gue harus menagih janji. Katanya kita punya satu waktu lagi buat upacara bendera satu keluarga SMA. Emang sih, bukan Re- lagi yang jadi pemimpin upacara. Paling g ague bisa nyuri-nyuri kesempatan buat ngintip dia bubaran upacara, sukur-sukur gue ngantri di tangga di belakang dirinya. Ngeliatin dari ujung rambut belakang, punggung, hingga sepatu belakangnya.